News &
Updates

News Image

Share

Rumah Literasi Itu Bernama Perpustakaan
28 Februari 2024

Surabaya, Kampus Ursulin – Sanmaris, bertempat di  Perpustakaan SMP-SMA Santa Maria, (Selasa, 20 Februari 2024), anak-anak KB-TK berkunjung ke perpustakaan sebagai jendela rumah literasi. Kegiatan bertajuk "komunikasi" ini dimulai dengan sambutan hangat dari staf perpustakaan SMP-SMA Santa Maria. Anak-anak KB-TK disambut dengan senyum ramah, kegembiraan dan  sukacita oleh Pak Yosua, Ibu Nia, Ibu Tanti, Pak Ronald dan Pak Adri.

Mereka dipandu dalam perjalanan menyenangkan melalui rak-rak buku yang dipenuhi dengan cerita-cerita yang menarik dan ilmu pengetahuan yang menakjubkan. Di sini, mereka tidak hanya mengenal perpustakaan sebagai tempat penyimpanan buku dan membaca buku, tetapi mengetahui buku juga sebagai salah satu sarana alat komunikasi berharga dan jendela dunia yang luas serta pengetahuan tak terbatas.

Kegiatan di perpustakaan dilanjutkan dengan mendengarkan penjelasan tentang aturan di perpustakaan dan bagian dari buku: cover depan dan belakang serta judul dan isi buku. Anak-anak membaca buku masing-masing, setelah membaca ada beberapa pertanyaan, kuis, menceritakan kembali apa yang sudah dibaca. Anak-anak sangat antusias menjawab pertanyaan/kuis karena mendapat hadiah. 

Berikut beberapa anak yang dapat menjawab pertanyaan dari Ibu Nia dan Ibu Tanti: Jason: tidak ramai di perpustakaan, Bianca: tidak makan, Ardha: menceritakan tentang ular berbicara dengan kura-kura. Laurent: dapat membaca judul buku. Apakah itu Ekormu? Demi: Kaki Jerapah ada Empat, Louisa: Ada Seekor Kupu-Kupu. Filliph: Video tentang Kelinci dan Kura-Kura. 

Setelah membaca buku Pak Yosua mengajak anak-anak untuk mengembalikan buku di tempat yang tersedia. Kemudian mengucap salam dan sapa terima kasih, dilanjutkan berbaris yang rapi kembali ke sekolah.

Penulis: Rani