News &
Updates

News Image

Share

Orangtua Semangat, Anak Berbakat
28 Juli 2023

Orangtua Semangat, Anak Berbakat

Orangtua memiliki peran penting yang saling melengkapi dalam mengasuh anak yang dipercayakan kepada mereka. Dalam berinteraksi dengan anak, ada sedikit perbedaan antara peran ayah dan ibu. Interaksi ibu berpusat pada aktivitas perawatan, seperti memandikan, memberi makan dan menyiapkan semua perlengkapan yang diperlukan. Interaksi ayah dan anak lebih banyak dalam hal bermain yang menimbulkan semangat. 

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Selasa, 18 Juli 2023, di kantor kecamatan Tegalsari, diadakan seleksi lomba kolase dan mewarnai. Vano dan papanya mengikuti seleksi lomba kolase ayah dan anak tingkat kecamatan. Sedangkan Callysta mengikuti seleksi lomba mewarnai. Vano dan papanya berhasil maju mewakili kecamatan ke tingkat kota. Callysta sudah berjuang namuan belum berhasil sampai ke kota. Puji Tuhan keduanya sudah memberikan penampilan mereka yang terbaik.

Dalam lomba ini, hal penting yang dapat kita amati adalah peran penting ayah kepada anaknya. Papa Vano telah menunjukkan perannya sebagai seorang ayah yaitu pendamping anak dalam bermain, penyemangat, memberikan rasa aman dan nyaman. Mama Callysta juga sudah menunjukkan perannya sebagai ibu yang mempersiapkan segala sesuatu sebelum anaknya mengikuti perlombaan baik secara fisik maupun psikis. Peran kedua orangtua ini memberikan banyak manfaat bagi anak, diantaranya: percaya diri, merasa aman dan dapat menyesuaikan diri.

Santa Angela berkata dalam nasehatnya mengingatkan kita bahwa oangtua haruslah menjadi contoh bagi anak-anak. “Bagi anda hiduplah sedemikian rupa hingga anda menjadi contoh bagi mereka. Apa yang anda ingin mereka lakukan, lakukanlah sendiri itu lebih dahulu” (Nasehat ke-6, ayat 1-2). Mari kita menjadi orangtua yang dapat memberikan teladan bagi anak-anak kita.