News &
Updates

News Image

Share

Meriahkan Hari Pendidikan Nasional
15 Mei 2023

Meriahkan Hari Pendidikan Nasional

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, sekolah mengadakan upacara bendera dan fun games.  Upacara bendera diikuti oleh anak TK A dan TK B dengan pembina upacara, Ibu Laura serta petugas upacara dari kelas A 1. 

Usai upacara bendera, anak-anak diajak untuk mengenal tokoh pendidikan nasional Indonesia yaitu Bapak Ki Hajar Dewantara melalui video yang ditayangkan di kelas TK B1. Anak-anak juga diajak untuk mengenal semboyan dari bapak Pendidikan Nasional Indonesia, “ Ing Ngarso Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” yang bermakna, menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri teladan bagi orang-orang di sekitarnya (Ing Ngarso sung Tulodo), walaupun berada di tengah kesibukan, harus mampu membangkitkan dan memberikan semangat bagi orang lain ( Ing Madya Mangun Karsa), dan seseorang harus menjadi pendorong bagi orang lain dengan memberikan semangat kerja dan moral yang baik, sehingga menumbuhkan motivaasi dan semangat (Tut Wuri Handayani).

Setelah menonton video, dilanjutkan dengan acara fun games. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok terdapat 10 anak yang terdiri dari  kelas KB A sampai dengan TK B. Ada 5 pos dengan permainan yang berbeda dan dimainkan secara bergiliran. Setiap pos terdapat 2-3 kelompok. Fun games tersebut bertujuan untuk melatih kesabaran, kerjasama, bersosialisasi dan melatih keterampilan motorik halus dan kasar pada anak. 

 

Selesai kegiatan fun games, anak-anak berkumpul di halaman untuk menikmati sandwich dan es buah, hasil kreasi mereka sendiri.  Anak-anak terlihat senang dan antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. (Rosa Andriani, S. Psi)