News &
Updates

News Image

Share

Mengapa Bernyanyi?
19 Mei 2023

Hampir semua kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak dilakukan dengan bernyanyi. Sebelum dan sesudah kegiatan bermain dan belajar biasanya diawali dengan bernyanyi. Di tengah kegiatan belajar pun seringkali anak-anak diajak bernyanyi. 

Bernyanyi adalah salah satu metode pembelajaran yang ada di PAUD pada umumnya. Metode ini merupakan metode yang sangat efektif bagi anak-anak dalam mempelajari sesuatu. Bagi sebagian besar anak usia dini, bernyanyi adalah kegiatan yang menyenangkan. Tak heran, jika suasana kelas dan sekolah setiap hari selalu ramai. 

Bernyanyi memiliki dampak yang sangat baik bagi perkembangan anak usia dini. Melalui bernyanyi anak-anak dapat mengenal dan menambah kosakata baru, meningkatkan komunikasi, meningkatkan rasa percaya diri anak dan memudahkan anak mengingat benda-benda konkrit yang ada di sekitarnya. Bernyanyi dapat menstimulasi anak agar senang melakukan kegiatan belajar. 

Metode tersebut di atas juga digunakan oleh satuan pendidikan di KB-TK Santa Maria Surabaya. Hal ini dilakukan karena telah terbukti efektif untuk membantu proses perkembangan pribadi anak. Hampir setiap pagi, anak-anak mendengarkan nyanyian atau lagu yang diputarkan entah melalui laptop, handphone maupun perangkat lainnya. Yang biasa dilakukan setiap pagi di KB-TK Santa Maria Surabaya adalah memperdengarkan lagu-lagu kepada anak-anak sembari mereka bermain, menunggu waktu untuk masuk ke kelas masing-masing. Lagu-lagu yang diperdengarkan itu adalah lagu yang sesuai dengan topik yang diajarkan.

Bernyanyi selain bermanfaat untuk anak, juga bermanfaat bagi guru dan orang tua. Guru dan orang tua dapat mengenal bakat bernyanyi dari anak-anak, sehingga bakat anak tersebut dilatih dan dibimbing oleh guru juga orang tuanya. Itulah sebabnya, mengapa anak-anak diajarkan untuk bernyanyi.   Salam Serviam!

(Sr. Aleksia, OSU)