News &
Updates

News Image

Share

Lingkaran Adven, Buatanku Sendiri
8 Desember 2023

Surabaya, Kampus Ursulin Sanmaris, bertempat di ruang kelas B1 (4/12/2023) anak – anak TK B1 sedang menggunting lingkaran, bentuk daun, dan empat lilin, untuk membuat lingkaran Adven. Kegiatan ini dilakukan untuk mengisi masa Adven, serta memperkenalkan kepada anak – anak tentang masa adven. Selain itu anak – anak juga diperkenalkan dengan lingkaran Adven dan tata cara penggunaan lingkaran Adven.

Hati – hati mengguntingnya ya…ingat kita akan membuat lingkaran Adven dengan rapi, karena Yesus sebentar lagi akan datang” kata ibu guru di kelas.

Kegiatan membuat lingkaran Adven bertujuan agar anak -anak juga ikut ambil bagian dalam masa Adven, dengan lebih tekun berdoa dan ikut bersuka cita dalam masa penantian ini. Kegiatan membuat lingkaran adven dirancang dengan memperhatikan perkembangan motorik kasar dan halus melalui menggunting dan menempel membentuk lingkaran Adven. Kegiatan membuat lingkaran Adven merupakan salah satu bentuk pengenalan akan tradisi gereja yang dilakukan sebelum kedatangan Yesus.

“Selain kegiatan membuat lingkaran Adven, setiap pagi sebelum kegiatan dimulai, anak – anak juga diajak berdoa di depan lingkaran Adven, agar anak semakin mengerti tentang arti masa Adven”, kata ibu guru kelas B1.

Sanmaris, kegiatan mengenal masa adven juga didukung dengan ibadat Adven yang dilakukan setiap hari jumat, dilakukan di kapel Biara Ursulin. Ibadat Adven dilakukan dengan menggunakan buku panduan dari Komisi Anak Keuskupan Surabaya.

Kegiatan ini dilakukan dengan harapan akan membantu anak untuk lebih mengenal tentang kebaikan Allah dan tradisi gereja. Dengan begitu anak – anak mampu mengenal Allah dan mampu hidup seturut kehendak Allah dengan rajin berdoa, mampu melakukan doa sendiri.

(Penulis: Irene Harjanti)