News &
Updates

News Image

Share

Keluargaku Superhero
16 November 2023

Surabaya, Kampus Ursulin- Sanmaris, peringatan Hari Pahlawan di KB-TK Santa Maria kali ini tidak hanya dirayakan dengan khidmat dan semangat keceriaan melalui kegiatan fashion show dan games bertema Keluargaku Superhero. Setiap tanggal 10 November, kita selalu memperingati hari Pahlawan untuk mengenang para pahlawan yang telah berjuang demi kebebasan dan keadilan terutama yang terjadi di Surabaya.

Fashioan show menjadi highlight acara, dimana setiap anggota keluarga berpakaian sebagai superhero menurut pilihan dan favorit mereka. Keluarga Kennard, salah satu anak kelas A2 Le Grezze secara kompak dari ayah, ibu, Kennard dan adiknya mengenakan kostum pahlawan Indonesia jaman dulu berjalan di atas karpet dan berpose di depan 3 orang juri. Beberapa keluarga secara kompak mengikutsertakan seluaruh anggota keluarga mengenakan kostum pahlawan. Ada pula yang mengikuti fashion show ibu dan anak atau ayah dan anak dengan kreatifitas kostum yang tidak kalah menariknya. 

Para pemenang juga sudah diumumkan oleh para juri yang terdiri dari Margaretha Endang Setiyawati, Claudia Joeni Vandayanti dan Susie Loemanaw. Para pemenang terbagi menjadi 3 jenjang yaitu: Kelompok KB: Alvin - mamanya, Retha - mamanya dan . Kelompok TK A: Gracia – mamanya, Clarissa-mamanya dan Kennard -papa, mama dan adiknya. Kelompok TK B: Axella-papanya, Claire-mamanya, Praysi-papanya.

Keseruan acara yang tidak kalah dengan fashion show adalah games bertema Keluargaku Superhero. Anak dan salah satu orangtuanya bergabung dalam berbagai permainan menarik seperti: memindahkan kardus dengan halang rintang, menjawab pertanyaan mencongak seputar pahlawan dan sekolah, memindahkan bola sesuai pertanyaan matematika dan menghias topeng. Setiap permainan menuntut kolaborasi dan kerjasama orangtua dan anak untuk menyelesaikannya. Dari permainan ini nilai-nilai kepahlawanan tampak dalam setiap keluarga, seperti daya juang, kerjasama dan integritas. 

“Hari ini benar-benar olahraga” celetuk mama Miguel kelas A2 saat bermain memindahkan kardus dengan haling rintang karena harus menggendong ataupun mengangkat anaknya untuk sampai tujuan dengan aman dan selamat. Setelah semua mendapatkan 4 stempel dari tiap pos, games diakhiri dengan kegiatan mencari potongan puzzle bergambar foto guru. Anak-anak dan orangtua menggabungkan dan menebak sosok guru yang juga merupakan pahlawan Pendidikan. Yang tercepat menyelesaikan menjadi pemenang dari tiap kelompok kelas.

Dengan fashion show dan games bertema Keluargaku Superhero, peringatan Hari Pahlawan di sekolah ini tidak hanya menjadi momen refleksi tetapi juga perayaan yang penuh semangat persatuan dan kebersamaan. Perayaan ini juga menjadi salah satu cara sekolah, anak-anak dan orangtua untuk menghormati dan mengenang pahlawan serta mengajarkan nilai-nilai keberanian dan pengabdian kepada generasi mendatang.

Merdeka!

(Penulis: Tari)