News &
Updates

News Image

Share

Dengan Tanaman Kubantu Temanku
19 Desember 2023

Dengan Tanaman Kubantu Temanku (P5)

Putih putih bunga melati, merah merah sibunga mawar. (Lirik lagu Tina Toon “Siram-siram”)

Surabaya, Kampus Ursulin – Sanmaris. Dalam rangka program kepedulian terhadap sesama dan lingkungan hidup, TK- A & TK-B Santa Maria mengadakan program penggalangan dana melalui kegiatan penjualan tanaman yang telah ditanam, dirawat, diobservasi oleh anak-anak. Narasumber dalam acara ini adalah Benydektus Maryadi yang menjelaskan cara menanam kepada anak-anak. 

Bahagia itu sederhana dengan m,embantu saudara kita yang berkekurangan, khususnya bagi yang tidak memiliki salah satu anggota tubuhnya. Kegiatan ini mengajak anak-anak untuk berbagi dan peduli terhadap orang lain dengan beraktivitas menanam tanaman hias.

Anak-anak belajar proses menanam, merawat hingga tanaman itu tumbuh menjadi besar. Ada juga yang mendoakan tanamannya supaya tumbuh subur dan indah. Selain itu juga anak-anak melakukan observasi tentang tanamannya, bagaimana tanamannya bertumbuh dan berkembang dengan cara mencatat, menghitung daunnya yang tumbuh dan yang kering serta mencari masalah penyebab tanaman itu bisa kering dan mati. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak anak-anak dan orangtua dapat lebih mencintai ibu bumi dengan cara meningkatkan penghijaun di lingkungan tempat tinggal dan sekolah serta menumbuhkan rasa tanggung jawab anak untuk merawat tanamannya. 

Sanmaris P5, dengan tanaman kubantu temanku dilakukan selama 2,5 bulan, dimulai pada bulan Oktober hingga Desember 2023 dari proses awal hingga proses penjualan. Harapan dari kegiatan ini adalah anak, orang tua dan para guru dapat lebih mencintai bumi dan lebih peduli kepada sesama yang membutuhkan bantuan. Salam Serviam

 

(Theresia Ninu A.N.B., Sicilia Triana M)